You are here

Kurikulum

Surel Cetak PDF

Batasan Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat dokumen formal dan tertulis tentang Tujuan Pendidikan dan Pedoman Proses Belajar Mengajar untuk mencapai Tujuan yang dimaksud. Mengacu pada Undang Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 38 ayat (3), kurikulum dapat dikembangkan oleh perguruan tinggi bersangkutan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk setiap program studi. Untuk memperjelas pengaturan kurikulum sebagai pedoman proses belajar mengajar maka SK Mendiknas No. 232/U/2000 tanggal 30 Desember 2000, serta SK Dirjendikti Nomor 43/DIKTI/2006 dapat menjadi acuan berikutnya.

Kurikulum Berbasis Kompetensi

Kurikulum Berbasis Kompetensi adalah Dokumen formal dan terorganisasi terkait dengan penyelenggaraan Proses Belajar Mengajar yang bertujuan menyiapkan kompetensi yang dibutuhkan lulusan untuk mampu melaksanakan tugas profesi yang dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Model Kurikulum

Model kurikulum fakultas kedokteran Unissula yang digunakan disesuaikan dengan SK Mendiknas SK Mendiknas No 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi yaitu kurikulum berbasis kompetensi. Artinya, pengembangan kurikulum berangkat dari kompetensi yang harus dicapai mahasiswa. Didalam Model kurikulum berbasis kompetensi ini dianjurkan untuk menerapkan integrasi horisontal dan vertikal, serta berorientasi pada masalah kesehatan individu, keluarga dan masyarakat dalam konteks pelayanan kesehatan primer (Standar Kompetensi Dokter dan Standar Pendidikan Dokter, 2012).

Organisasi dan Isi Kurikulum

Total keseluruhan kurikulum program studi 100% mencakup 80% berasal dari Standar Kompetensi Dokter dan 20% dari muatan lokal (Standar Pendidikan Dokter, 2012). Isi kurikulum meliputi prinsip-prinsip metode ilmiah, ilmu biomedik, ilmu kedokteran klinik, ilmu humaniora, dan ilmu kedokteran komunitas yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi Dokter.

Pada tahap sarjana kedokteran, isi kurikulum disusun menggunakan pendekatan modul-modul dengan tema tertentu dan non modul. Matakuliah modul berjumlah 26 modul sedangkan mata kuliah non modul berjumlah 6 mata kuliah. Masing-masing modul mempunyai durasi waktu sekitar 3-6 minggu. Fakultas Kedokteran Unissula menggunakan sistem kredit semester (SKS), maka penghitungan beban dari masing-masing modul juga dinyatakan dengan satuan kredit semester (sks). Waktu penyelesaian satu modul berkisar antara 3-6 minggu dan tiap minggu setara dengan 1 (satu) sks dengan jam pembelajaran terjadwal adalah 16 jam. Penetapan bobot setiap modul tergantung dari besarnya lingkup pembahasan pada modul bersangkutan. Materi kurikulum lokal Fakultas Kedokteran Unissula berupa penambahan satu area kompetensi yaitu Islam Disiplin Ilmu yang merupakan salah satu implementasi visi dan misi baik dari universitas maupun fakultas kedokteran sendiri. Untuk materi kurikulum lokal disebar dan dimasukkan ke dalam modul-modul.

Struktur Kurikulum

Tahap akademik (sarjana kedokteran) ditempuh selama 7 semester, dengan beban SKS sebesar 144 sks dan diakhiri dengan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked).

 

Kurikulum pada tahap sarjana kedokteran (preklinik ) disusun dalam sistem modul. Setiap modul memiliki learning outcome yang merupakan penjabaran dari keseluruhan kompetensi. Tiap modul melibatkan intra dan antar disiplin ilmu/ bagian sehingga terintegrasi. Kurikulum pada tahap akademik terdiri dari Mata kuliah wajib: 25 Modul dan 6 Mata Kuliah non Modul, 1 Modul pilihan serta 1 tugas akhir yaitu Karya Tulis Ilmiah (KTI). Setiap satu semester terdiri dari 3-5 modul, waktu pelaksanaan tiap modul bervariasi antara 3-6 minggu. Metode pembelajaran yang diterapkan pada tiap modul terdiri atas small group discussion, kuliah pakar, skill lab, praktikum dan panel ahli.

Mata Kuliah Modul

MK Non Modul

Semester

Judul Modul

sks

MK

sks

sks

1

Ketrampilan belajar dan berfikir kritis

Komunikasi

Bio-psiko-sosio kultural

Prioritas masalah kesehatan di Indonesia

Kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

4

4

3

4

3

Agama Islam 1

Pancasila dan kewarganegaraan

IT

2

2

2

24

2

Hematopoetin

Sistem Imun dan kulit

Hormonal dan metabolisme

Gerak dan muskulus skeletal

4

5

5

5

1. Agama Islam 2

2

21

3

Kardiovaskuler

Pernafasan

Pencernaan

6

6

6

1. Kewirausahaan

2

20

4

Enterohepatik

Penyakit tropis

Sistem saraf

Metodologi Penelitian

5

4

5

5

1. Bahasa Inggris

2

21

5

Urogenetalia

Reproduksi

Tumbuh Kembang, Geriatri dan Degeneratif

6

6

6

Karya Tulis Ilmiah

4

22

6

Perilaku dan Jiwa

KB dan Kependudukan

Penglihatan

Pendengaran, Penciuman dan Tenggorok

5

4

5

5

19

7

Sistem Kesehatan Nasional

Kegawatdaruratan Medis

Elective: Managemen Rumah Sakit/ Obat Tradisional

6

6

5

17

Total Mata Kuliah Modul

128 sks

Total MK Non Modul

16 sks

144 sks